Mengurangi Ketimpangan dengan Kesehatan Masyarakat Tepat Sasaran

Mengurangi Ketimpangan dengan Kesehatan Masyarakat Tepat Sasaran

(Reducing Inequity with Accurate Public Health)

Judul yang diberikan berkala Medscape 18 Juni 2016 untuk laporan wawancara dengan Dr Susan Desmond-Hellmann, CEO dari Bill & Melinda Gates Foundation, adalah ‘All Lives Have Equal Value’: Reducing Inequality with Precision Public Health. Yang dimaksud Dr Desmond-Hellmann kemungkinan besar ialah Reducing Inequity with Accurate Public Health, karena salah satu pernyataannya dalam wawancara tersebut ialah “…the right set of interventions for the right population in the right geography”. Lagipula, Dr Desmond Hellmann, yang sebelumnya menjabat rektor UCSF, diminta untuk memimpin Bill & Melinda Gates Foundation yang menganggap equity sangat penting. Menurut mereka setiap jiwa sama nilainya, namun karena kebutuhan masing-masing jiwa berbeda dan karena sumber daya yang terbatas, pembuat keputusan sebaiknya memilih perangkat intervensi yang terbukti efikasius untuk setiap tahap pencegahan dari penyakit-penyakit prioritas. Supaya bermanfaat bagi kelompok penduduk yang lebih membutuhkan pembuat keputusan sebaiknya memperhatikan distribusi penduduk pada masing-masing tahap pencegahan menurut gender, keadaan sosial-ekonomi dan geografi. Presisi memang dibutuhkan (i.e., supaya intervensi  efikasius secara konsisten mengenai sasaran yang tepat) dan presisi dapat dicapai jika petugas fungsional dengan high fidelity mengikuti SOP intervensi dan petugas struktural dengan high fidelity memberikan dukungan logistik secara efektif dan efisien. (http://www.medscape.com/viewarticle/864259)

Wawancara tersebut diadakan Dr Eric J. Topol, editor-in-chief dari Medscape, dengan Dr Desmond-Hellmann pada tanggal 6 Juni 2016. Pada hari yang sama Dr Desmond-Hellmann menjadi pembicara pertama pada Precision Public Health Summit, suatu pertemuan dua hari di UCSF yang bertemakan “The First 1,000 days”. Di dalam pidatonya dia mengkhawatirkan bahwa Precision Medicine akan memperparah inequity. Satu tahun sebelumnya Presiden Obama meluncurkan PMI (Precision Medicine Innitiative) yang bertujuan “… the right treatment at the right time to the right person, …”. Upaya kesehatan perorangan (UKP, N=1) ini menggunakan teknologi yang canggih dan menyedot banyak sumberdaya yang sebetulnya dapat dimanfaatkan oleh upaya kesehatan masyarakat yang dengan teknologi yang lebih sederhana dapat menyelamatkan jauh lebih banyak orang (UKM, 1 N). (https://www.ucsf.edu/precision-public-health-summit-first-1000-days; https://www.whitehouse.gov/blog/2016/02/25/precision-medicine-health-care-tailored-you)

Kedua prakarsa ini saling membutuhkan dan keduanya membutuhkan data besar (N besar, jumlah variabel banyak dan akses cepat). Supaya UKP tepat sasaran data semua variabel moderator spesifik (e.g., riwayat kesehatan, gen, lingkungan, dan gaya hidup) harus dimasukkan pada model yang telah diuji validitasya untuk setiap tahap pencegahan penyakit prioritas. Supaya UKM tepat sasaran data gender, keadaan sosial-ekonomi dan geografi dari suatu wilayah kerja dinas kesehatan harus dibuatkan distribusinya. UKP tepat sasaran kemudian diterapkan pada kelompok penduduk yang lebih membutuhkan (i.e., dengan morbiditas, mortalitas dan disabilititas lebih besar; dan, dengan beban penyakit lebih besar). Keduanya dapat diolah cepat dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang praktis dan murah. (http://data-informed.com/the-difference-between-big-data-and-a-lot-of-data/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s