Sistem Kesehatan sebagai Himpunan Subsistem dan Proses Penyelenggaraan Upaya Kesehatan

Suatu “sistem” dapat diartikan sebagai himpunan subsistem yang saling terkait. Sebagai contoh, SKN 2009 t.a. enam subsistem – Upaya Kesehatan; Pembiayaan Kesehatan; Sumberdaya Manusia Kesehatan; Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan & makanan Minuman; Manajemen & Informasi Kesehatan; dan, Pemberdayaan Masyarakat. Interaksi antara subsistem-subsistem tersebut diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Sistem” dapat juga diartikan sebagai proses, atau kegiatan, yang memerlukan input untuk menghasilkan output. SKN 2009, misalnya, menyebutkan bahwa upaya kesehatan “…terdiri dari upaya kesehatan yang langsung dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan upaya kesehatan penunjang yang mendukung upaya kesehatan langsung tersebut, seperti: sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana, advokasi, promosi kesehatan, penelitian dan pengembangan.” Dengan kata-kata lain, upaya kesehatan merupakan Proses, dana, SDM, informasi, kebijakan, obat dsb merupakan Input, dan derajat kesehatan masyarakat merupakan Output dari Sistem Kesehatan.

Karena kejadian penyakit ditentukan oleh keseimbangan antara orang, penyebab penyakit (agent) dan lingkungan sebaiknya upaya kesehatan mencakup proses-proses yang menatalaksana tiga faktor tersebut. Jadi sistem kesehatan mencakup tiga subsistem – penatalaksanaan orang (= Upaya Kesehatan Perorangan, atau UKP), penatalaksanaan penyebab penyakit dan penatalaksanaan lingkungan untuk setiap penyakit. Karena sumberdaya terbatas DinKes Kab/Kota sebagai pelaksana upaya kesehatan, akan memberi perhatian khusus kepada beberapa penyakit prioritas (i.e., yang sangat menentukan derajat kesehatan masyarakat). Dalam hal UKP, pada waktu melayani anggota masyarakat untuk suatu keluhan atau penyakit/kondisi tertentu, petugas kesehatan juga akan melakukan pencegahan primer (menatalaksana kasus resti), sekunder (menatalaksana kasus a-simptomatik) dan tersier (menatalaksana kasus simptomatik) untuk penyakit-penyakit prioritas. Konsekuensi dari penyelenggaraan upaya kesehatan penyakit-penyakit prioritas DinKes Kab/Kota harus mengadakan, untuk penyakit-penyakit tsb, kegiatan-kegiatan berikut: (1) surveilans aktif kasus, agent penyakit dan lingkungan; (2) konfirmasi lab dan epid; (3) respons cepat/terencana untuk memfasilitasi UKP terkait berupa (re)alokasi sumberdaya, bimbingan teknis dan kebijakan berdasarkan distribusi dan angka kasus; (4) bulletin untuk menyebarluaskan informasi distribusi/angka kasus dan respons; (5) advokasi lintas sektor; dan (6) pemberdayaan suatu Balai Data, Surveilans dan Informasi Kesehatan (KepMenKes 267/2008). Balai ini akan memberikan umpan-balik kepada sistem tentang output ketiga subsistem tsb (i.e., tentang efektivitas dan efisiensi UKP) dan output sistem (derajat kesehatan masyarakat).

Jadi, sebagai proses, sistem dari DinKes/Kab t.d. tiga subproses untuk setiap penyakit prioritas dan SKD seharusnya memuat ProTap-ProTap penatalaksanaan orang, agent dan lingkungan untuk masing-masing penyakit prioritas tersebut. ProTap-ProTap ini berpedoman kepada kebijakan-kebijakan yang dihasilkan oleh sistem Kementerian Kesehatan dan bimbingan teknis yang dihasilkan oleh sistem DinKes Provinsi. Dengan demikian SKD akan menjadi acuan untuk para pelaksana upaya kesehatan yang dikoordinasi DinKes Kab/Kota. Sebagai himpunan “subsistem” SKD berisi subhimpunan indikator efektivitas dan efisiensi penatalaksanaan orang, penyebab penyakit dan lingkungan. SKN sebaiknya memuat himpunan kebijakan-kebijakan dan ProTap perumusan kebijakan upaya kesehatan (i.e., acuan untuk para perancang kebijakan KemKes) dan SKP sebaiknya berisi himpunan BimTek dan ProTap BimTek upaya kesehatan (i.e., acuan untuk para pemberi BimTek DinKes Provinsi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s