Kuliah

Kuliah merupakan metoda mengajar utama dan sumber informasi utama di hampir semua institusi pendidikan profesi kesehatan. Ciri-ciri kuliah yang disebutkan di kolom kanan dari tabel di bawah terlihat jika mahasiswa yang mengikuti kuliah banyak jumlahnya, diwajibkan mengisi daftar presensi, duduk agak jauh dari dosen yang berdiri di panggung, tidak diberi tugas mencari informasi dari sumber yang lain, dan diharuskan menjawab soal-soal ujian sesuai dengan bahan kuliah.

Characteristics of the Effective Lecture  Characteristics of the Ineffective Lecture 
Educator-student interaction 100% educator talk, with limited or no interaction
Two-way communication One-way communication
Educator-student questions Few if any questions (educator or student)
Shared responsibility for active learning Student depends on educator for all information
Small group, problem-solving activities No student activities
Variety of supporting media No supporting media
Limited note taking required (students have copies of lecture notes) Extensive note taking required

 

(Diperoleh 4 Juli 2009 dari http://www.reproline.jhu.edu/English/6read/6training/lecture/delivering_lecture.htm)

Langkah awal yang dapat diambil untuk meningkatkan manfaat kuliah ialah menyediakan materi kuliah di suatu situs internet sebelum kuliah diadakan dan menggunakan tatap-muka dengan mahasiswa untuk tanya-jawab. Langkah berikut yang bisa diambil dosen pengampu mata kuliah ialah memberi tugas kepada mahasiswa untuk mencari informasi lain di internet tentang topik yang akan dibahas di sesi berikut (dengan kata-kata kunci tertentu atau di sumber-sumber tertentu).

Supaya mahasiswa ikut bertanggung jawab dalam belajar aktif dan melakukan kegiatan memecahkan masalah memang diperlukan kelompok-kelompok yang lebih kecil. Untuk hal yang pertama diperlukan seorang fasilitator (yang membantu mahasiswa dalam perencanaan dan pelaksanaan pengalaman belajar yang lain), sedangkan untuk hal yang kedua diperlukan seorang tutor (yang berperan sebagai nara sumber). Fasilitator sebaiknya seorang yang bisa menjadi role model belajar yang diarahkan sendiri. Tutor ProDi Kebidanan, kedokteran dan Keperawatan, misalnya, sebaiknya bidan, dokter dan perawat yang berpengalaman supaya bisa memberikan masukan pada waktu mahasiswa belajar memecahkan masalah pasien.

Kuliah seperti yang lazim dipraktekkan sekarang mungkin saja menjadi pengalaman belajar yang dipilih mahasiswa untuk mencapai kompetensi-kompetensi minimal tertentu. Namun kuliah satu arah kepada hadirin yang banyak tentang informasi yang sangat tergantung pada pembicaranya (tidak pada sumber lain) hanya layak diberikan oleh orang yang memang mempunyai wewenang keahlian di bidang ilmunya. Kuliah yang didasarkan atas pengalaman atau pengetahuan yang extensif dan intensif  menginspirasi dan memotivasi pendengar untuk belajar, meneliti atau mempraktekkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s