Buletin S-R

Sejumlah DinKes Kab/Kota dan Provinsi berupaya menerbitkan buletin surveilans epidemiologi/kesehatan masyarakat, melalui media cetak maupun elektronik. Pada umumnya buletin-buletin ini berisi berita-berita kedinasan dan artikel-artikel kesehatan masyarakat, terbit dengan interval yang cukup panjang dan tidak konsisten, tidak jelas audiensnya atau tidak ditanggapi oleh audiens yang dituju. Jadi lebih mirip sebuah journal daripada sebuah buletin. Buletin adalah laporan singkat, atau ringkasan berita, terkini yang harus segera disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Buletin elektronik lebih praktis, karena lebih murah, dapat dicetak oleh yang memerlukannya, mudah disimpan dan ditelusur kembali, mudah diupdate atau diedit, dan dapat dilampiri keterangan-keterangan tambahan.

Buletin epidemiologi/surveilans bisa bermanfaat jika penerbitannya dikaitkan dengan  penggunaannya – isi beritanya dihubungkan secara langsung dengan respons dari pihak-pihak yang berkepentingan. Surveilans epiodemiologi adalah proses pengumpulan, pengolahan dan penafsiran data penjamu, agent dan lingkungan penyakit-penyakit prioritas di populasi secara terus menerus dan sistematis untuk pelaksanaan, evaluasi dan perencanaan UKM. Karena petugas UPK secara rutin mendeteksi kasus penyakit maka surveilans yang dikoordinasi DinKes Kab/Kota biasanya terpusat pada penjamu. Jadi buletin surveilans epidemiologi yang diterbitkan DinKes Kab/Kota seharusnya berisi berita rutin tentang hasil pengolahan data kasus penyakit (berupa gambar dan angka-angka peringkas data) dan penafsirannya (berupa rekomendasi tentang respons yang sebaiknya diberikan, baik yang segera maupun yang terencana). Berita tentang kasus penyakit yang akut dengan sendirinya akan diterbitkan dengan panjang interval yang lebih pendek dibandingkan berita tentang penyakit yang khronis. Karena jumlah penyakit prioritas yang harus dikendalikan DinKes Kab/Kota cukup banyak (dan masing-masing penyakit mempunyai kasus simptomatik, kasus a-simptomatik dan kasus resiko tinggi) maka boleh dikatakan buletin surveilans epidemiologi akan terbit setiap hari.

Supaya bermanfaat berita dalam buletin surveilans epidemiologi harus disimak dan ditanggapi Kepala DinKes Kab/Kota. Jika ada KLB ia memutuskan jenis sumberdaya dan bimbingan teknis yang harus dikerahkan ke tempat-tempat, waktu-waktu dan kelompok-kelompok penduduk tertentu. Untuk perencanaan UKM tahun anggaran berikut ia dan stafnya mengalokasikan sumberdaya ke unit-unit UKP dan merumuskan kebijakan-kebijakan. Respons-respons ini sebaiknya juga dimuat dalam buletin supaya petugas UPK mengetahui bahwa data deteksi kasus yang mereka kumpulkan ditanggapi. Buletin S-R (surveilans dan respons) semacam ini juga diterbitkan oleh DinKes Prov untuk pengendalian penyakit-penyakit prioritas yang bersifat lintas-batas dan yang tidak ditangani DinKes Kab/Kota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s